Senin, 24 Oktober 2011

Makalah Administrasi Publik Dan New Public Management


ADMINISTRASI PUBLIK DAN NEW PUBLIC MANAGEMENT

                       
Di Susun Oleh:

Romauli Sanna Yose Purba
D1D010104


Program Studi Administrasi Negara
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BENGKULU
2010/2011

KATA PEGANTAR
          

      Perkembangan ilmu Adminnistrasi Negara tidak bisa digolongkan berkembang pesat sendirian,melainkan sangat tergantung substansi lain yang berkaitan.Seperti yang dikatakan oleh George Fedrickson ( 1980 ) yang mengutip pendapat Leonald D.White bahwa ilmu Administrasi Negara ini belum bisa dikatakan efektif kalau tidak dikawinkan dengan ilmu pemerintahan ( politik ).

     Dengan demikian,ciri ilmu ini sangat diwarnai oleh ciri ilmu-ilmu lain,dan yang paling dekat dengan ilmu ini adalah ilmu pemerintahan atau ilmu politik.Sementara ilmu-ilmu lain seperti tata Negara,sosiologi,dan psikologi yang mempunyai ciri-ciri tersendiri berpengaruh pula terhadap eksistensi ilmu administrasi Negara.


     Perkembangan teknologi yang banyak dirasakan mengubah teknologi pemerintahan,secara otomatis juga mengubah bentuk-bentuk teknologi administrasi Negara.



Bengkulu,20 Maret 2011
Romauli Sanna Yose Purba




BAB I
PENDAHULUAN                 
                     
LATAR BELAKANG
       
          Sekitar tahun 80-an berkembang konsep yang berlabel baru untuk memberdayakan konsep ilmu administrasi publik.Konsep-konsep itu antara lain ada yang menyebutnya “New Public Admministration” ( Bellone,1980 ),The New Science of Organisation” (Ramos,1981),dan terakhir sekitar dasawarsa 90-an terbit konsep baru yang disebut New Public Mnagement (Ferlie,1996 ).Konsep-konsep itu pada awalnya ingin mengemukakan pandangan baru yang bisa mecerahkan kosep ilmu administrasi Negara.Jauh sebelumnya sekitar tahun 60-an,telah banyak dilakukan untuk memperbaharui konsep ilmu administrasi Negara.
       
      Khusus konsep New Public Management,konsep ini mengenalkan konsep-konsep yang biasanya diperlakukan untuk bisnis dan di sector privat.Inti dari konsep ini adalah untuk mentransformasikan kinerja yang selama ini dipergunakan dalam sector privat dan sector bisnis ke sector public.
       

     Isu berikutnya yang berkembang tidak hanya membatasi pada bagaimana mentransformasikan kinerja sector bisnis ke sector pemerintahan,melainkan jauh jauh dari itu yakni New Public Management sudah menjadi suatu model normative,yang ditandai dengan meninjau kembali peran administrator public,peran dan sifat profesi admministrasi,dan mengapa serta bagaimana sebaiknya kita bertindak dan berperan.





RUMUSAN MASALAH


·        Titik perhatian Pemerintah terhadap jasa dan pelayanan kepada public

·        Struktur model bisnis dalam Pemerintahan

·        Tema pokok dalam New Public Management

·        Konsep dalam New Public Management


                               TUJUAN


·        Dapat mengetahui ide konsep dalam new Public Management

·        Cara Melakukan perbaikan  Birokrasi dalam Pemerintahan

·        Cara pemerintah dalam membuat  program  yang  lebih  responsive kepada public

·        Prinsip mewiraswastakan birokrasi pemerintah

·        Upaya birokrator dalam mewujudkan konsep New Public Management

MANFAAT

       Dengan mengetahui tema dan juga konsep yang dibuat pemerintahan yaitu dalam New Public Management,kita bisa tahu tentang bagaimana cara pemerintah dalam memberikan serta melakukan jasa pelayanannya terhadap public.

      Konsep New Public Management dalam melakukan upaya privatisasi fungsi-fungsi yang selama ini di monopoli oleh pemerintah di beberapa Negara yang mengalami banyak perubahan dan kemajuan.

      New Public Management mengubah cara-cara dan model birokrasi – publik yang tradisional ke arah cara-cara dan model bisnis privat dan perkembangan pasar.
Cara-cara legitimasi birokrasi publil untuk menyelamatkan prosedur dari diskresi administrasi tidak lagi di praktikkan oleh New Publik Management dalam birokrasi pemerintah.














BAB II
PEMBAHASAN

ADMINISTRASI PUBLIK DAN NEW PUBLIC MANAGEMENT

        Lebih dari dua decade New Public Management telah berkembang sebagai suatu konsep yang bisa mengganti peran dan arti dari The Old Public Administration di hamper seluruh bagian dunia ini.Sebagai hasilnya sejumlah perubahan positif telah banyak dilakukan di kalangan di sector public.

§  The Old Public Administration

        Administrasi public sebagaimana yang dikemukakan oleh Wooddrow Wilson (1887/1987) seorang mantan presiden AS dan Guru Besar Ilmu Politik di Princeton Univercity AS “melaksanakan konstitusi itu lebih sulit ketimbang membuatnya”.Selain itu,dia juga mengatakan bahwa bidang administrasi itu adalah sama dengan bidang bisnis.Oleh karena itu,Wilson memberikan saran agar pemerintahan itu mempunyai struktur mengikuti model bisnis yakni mempunyai eksekutiif otoritas,pengendalian (controlling),yang amat penting mempunyai sruktur organisasi hierarki,dan upaya untuk melaksanakan kegiatan mewujudkan tujuan itu dilakukan secara efisien.
      Konsep yang seperti ini yang kemudian dikenal dengan “the old of public administration”.Tugasnya adalah melaksanakan kebijakan dan memberikan pelayanan.Tugas semacam inin dilaksanakan secara netral,profesional dan lurus (faithfully) mengarah pada tujuan yang telah ditetapkan.
        Ada dua tema kunci memahami administrasi Negara seperti yang fondasinya telah diletakkan oleh Woodrow  di atas.                                                                                                                                                                                       
Pertama,ada perbedaan yang jelas antara politik (policy) dengan administrasi.
Kedua,adanya perhatian untuk menciptakan struktur dan strategi pengelolaan administrasi yang memberikan hak organisasi public dan manajernya yang memungkinkan untuk menjalankantugas-tugas secra efisien dan efektif.
Adapun mainstream dari ide inti dari the old public administration dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.Titik perhatian pemerintah adalah jasa pelayanan yang diberikan langsung oleh dan melalui instansi-instansi pemerintahyang berwenanag.
2.publikpolicy dan administrationberkaitan dengan merancang dan melaksanakan kebijakan-kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan politik.
3.Administrasi public hanya memainkan peran yang lebih kecil dari proses pembuatan kebijakan-kebijakan pemerintah ketimbang upaya untuk melaksanakan (implementation) kebijakan public.
4.Upaya memberikan pelayanan harus dilakukan oleh para administrator yang bertanggung jawab kepada pejabat polotik dan yang diberikan diskresi terbatas untuk melaksanakan tugasnya.
5.Para administrator bertanggung jawab kepada pemimpin politik yang dipilih secara demokratis.
6.Program-program kegiatan di administrasikan secara baik melalui garis hierarki organisasi dan  dikontrol oleh para pejabat dari hierarki atas organisasi.
7.Nilai-nilai utama (tht primary values)dari administrasi public adalah efesiensi  dan rasionalitas.
8.Administrasi public dijalankan sangat efisien dan sangat tertutup,oleh karena ituwarga negra keterlibatannyaamat terbatas.
9.Peran dari administrasi public dirumuskan secara luas seperti planning,organizing,staffing,directing,coordinating,reporting,budjeting.
      Ide konsep The old public administration ini bisa berlangsung pada semua sector kehidupan pemerintahan,mulai dari hal atau sector pertahanan,kesejahteraan rakyat,pendididkan ,transportation,kesehtan masyarakat dan lain-lain.

§  New Public Management

    Tema pokok New public management antara lain bagaimana menggunakan mekanisme pasar dan termologidi sector public.
Di dalam konsep New Publik Management ini semua pimpinan (manajer)didorong untuk menemukan cara-cara  baru dan inovatif untuk memperoleh hasil yang maksimal atau melakukan privatisasi terhadap fungsi-fungsi pemerintahan.

Konsep new Publik Management dapat dipandang sebagai suatu konsep baru yang ingin menghilangkan monopoli pelayanan yang tidak efisien yang dilakukan oleh instansi dan pejabat-pejabat pemerintah.
    Untuk lebih mewujudkan konsep New Publik Management dalam birokrasi public,maka diupayakan agar para pemimipin birokrasi meningkatkan produktivitas dan menemukan alternative cara-cara pelayanan public berdasrkan perspektif ekonomi.Mereka didorong untuk memperbaiki dan mewujudkan akuntabilita spublik kepada pelanngan,meningkatkan kinerja,restrukturisasi,lembaga birokrasi public,merumuskan kembali misi organisasi,melakukan streamlining proses dan prosedur birokrasi,dan melakukan desentralisasi proses penegembalian kebijakan.
    JonathanBoston (1991) menyatakan bahwa pusat perhatian dan doktrin New Publik Management itu pada intinya sebagai berikut:lebih menekankan pada proses pengelolaan(manajemen) ketimbang perumusan kebijakan;perubahan dari penggunaan control masukan(input controls) ke penggunaan ukuran-ukuran yang bisa dihitung terhadap output dan kinerja target;devolusi manajemen control sejalan bersama dengan pengembangan mekanisme system pelaporan,monitoring,akuntabilitas baru;disagregrasi struktur birokrasi yang besar menjadi struktur instansi yang kuasi otonomi;secara kusus melakukan pemisahan antara fungsi-fungsi komersial dengan yang nonkomersial;menggunakan preverensi untuk kepentingan privat seperti privatisasi,system kontrak sampai dengan penggunaan system penggajian dan renumerasi yang efektif dan efisien.


Prinsip-prinsip Mewiraswastakan Birokrasi Pemerintah
1.Pemerintah harus bersifat sebagai katalis
   Pemerintah katalis merupakan suatu fungsi yang mampu memisahkan sebagai pengarah (membuat kebijakan,peraturan,undang-undang) dengan fungsi sebagai pelaksana.Selain itu,kemudian mereka menggunakan berbagai metode(kontrak,voucer,hadiah,insentif pajak,dsb) Untuk membantu Organisasi public mencapai tujuan,memilih metode yang paling sesuai untuk mencapai efesiensi,efektivitas,persamaan,pertanggungjawaban,fleksibilitas.
2.Pemerintah milik masyarakat
   Pemerintah milik masyarakat mengalihkan wewenang control yang dimilikinya ke tangan masyarakat.Masyarakat diberdayakan sehingga mampu mengontrol pelayanan yang diberikan oleh birokrasi pemerintah.Dengan adanya control dari masyarakat,pegawai negeri akan memiliki komitmen yang lebih baik,peduli,dan kreatif dalam memecahkan masalah.
3.Pemerintah kompetitif
   Pemerintah kompetitif mensyaratkan persaingan diantara para penyampai jasa atau pelayanan untuk bersaing berdasarkan kinerja dan harga.
4.Pemerintah berorientasi misi
   Pemerintah berorientasi misi melakukan deregulasi internal,menghapus banyak peraturan dan ketemtuan internal yang tidak efektif,dan secara radikal menyederhanakan system administrative yang terlampau panjang dan menghambat,deperti misalnya dibidang anggaran,perijinan,kepegawaian,dan penggandaan barang.
5.Pemerintah berorientasi pada hasil
   Pemerintah yang berorientasi pada hasil mengubah focus dari input menjadi akuntabilitaspada keluaran atau hasil.
6.Pemerintah brorientasi pelanggan
   Dalam hal ini pemerintah memperlakukan masyarakat yang dilayani siapa saja,termasuk pelajar,orangtua,pembayar pajak,orng yang mengurus KTP,pelanggan telepon listrik,dan lain-lain.
7.Pemerintah wiraswasta
   Pemerintah meminta kepada masyarakat yand dilayani untuk membayar menentukan pula return of investement.Pemerintah juga memanfaatkan dana usaha,dana inovasi,untuk mendorong para pejabat berpikir untuk memperoleh dana operasional.
8.Pemerintah antisipatif
    Pemerintah antisipatif adalah suatu pemerintahan yang berpikir kedepan.Pemimpin instansi pemerintah mencoba mencegah timbulnya masalah daripada memberikan pelayanan untuk menghilangkan masalah.
9.Pemerintah Desentralisasi
   Pemerintah desentralisasi adalah suatu pemerintahan yang mendorong wewenang dari pusat melimpah ke daerah melaui organisasi atau system yang ada.
10.Pemerintahan Yang Berorientasi Pasar
    Pemerintah berorientasi pasar acap kali memanfaatkan struktru pasar swasta untuk memcahkan masalah daripada menggunakan mekanisme administrative,seperti menyampaikan pelayanan atau perintah dan control dengan memanfaatkan peraturan.






KESIMPULAN

      Sepuluh prinsip swasta ini,dalam rangka melakukan pembaharuan birokrasi pemerintah mencoba mengubah kinerja yang tidak reproduktif bisa bereproduktif baik.
      Prinsip-prinsip New Publik Management itu dilaksanakan dalam reinventing government ini.Kalau the old public administration prinsip-prinsipnya dilaksanakan dalam birokrasi pemerintah,maka pokok pemikiran dari New Publik Managementyang salah satu aplikasinya adalah reinventing government adalah merupakan pemikiran memebaharukan administrasinegara dengan memadukan prinsip-prinsip bisnis dalam birokrasi pemerintah.
      Dengan demikian,New Publik Management  dan reveinting Government merupakan bentuk konsep baru dari Ilmu Administrasi Negara.



DAFTAR PUSTAKA

·        Thoha,Miftah .Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. utama,Jakarta :Kharisma putra,2008.


·        http://www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar